18 May 2020, 18:19 WIB

Penularan Melonjak di Sunter Agung akibat 30 WNA Positif Covid-19


Selamat Saragih | Megapolitan

WARGA negara asing (WNA) sekaligus jemaah Tabligh Akbar di Masjid Al-Muttaqin disebutkan salah satu penyebab tingginya kasus positif covid-19 di Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Jakarta Utara, Yudi Dimyati, mengatakan, puluhan orang WNA jemaah Tabligh Akbar dinyatakan positif covid-19.

Baca juga:Pemprov DKI Minta Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

"Kan ada tambahan 30 kasus positif dari situ. Jadi tinggi sekali memang penularan covid-19 dari mereka di Sunter Agung itu," kata Yudi saat dihubungi di Jakarta, Senin (18/5).

"Lonjakan tiba-tiba terjadi setelah hasil swab test yang telah lama dijalani WNA itu keluar dengan hasil menunjukkan positif covid-19," lanjutnya Yudi.

Meski bukan warga asli Sunter Agung, WNA yang berasal dari berbagai negara itu tercatat di sana karena keberadaan lokasi masjid tersebut.

Sebelumnya, ratusan WNA jamaah Tablig Akbar di Masjid Al-Muttaqin tengah diisolasi. Ratusan WNA jamaah Tabligh Akbar itu disebutkan Ketua RT 24 Suparjiono sudah ada di Indonesia sejak bulan Februari lalu.

"Mereka datang karena ikut dalam program Tabligh Akbar dengan mendatangi berbagai wilayah di Indonesia untuk menyiarkan agama," kata Suparjiono.

Baca juga:Dinkes DKI: Dari 6.010 Kasus Positif Covid-19, 1.301 Orang Sembuh

Namun, ratusan WNA jemaah Tabligh Akbar di Jakarta Utara itu tertahan di Indonesia karena tidak bisa pulang atas aturan lockdown terkait merebaknya kasus covid-19.

Belakangan, sejumlah daerah menutup akses dari mereka berkaitan dengan pandemi covid-19. Akhirnya WNA itu kembali berkumpul di Masjid Al-Muttaqien yang biasa disebut sebagai markas Tabligh Akbar. (Ssr/A-3)

BERITA TERKAIT