18 May 2020, 17:37 WIB

Pesawat ini Emban Misi Rahasia AS di Luar Angkasa


Bagus Pradana | Weekend

DEPARTEMEN Angkatan Udara AS (USAF) baru-baru ini berhasil meluncurkan roket Atlas V yang membawa pesawat ruang angkasa tanpa awak X-37B untuk sebuah misi rahasia.

Roket tersebut diluncurkan pada Minggu (17/5) kemarin dari Cape Canaveral. Peluncuran ini tertunda sehari dari rencana semula lantaran cuaca buruk.

Pesawat tanpa awak itu, yang juga dikenal sebagai 'Orbital Test Vehicle (OTV)' ini akan bertugas untuk mengorbit selama beberapa waktu di bumi dan melakukan uji coba terhadap teknologi power-beaming.

Angkatan Udara AS (USAF) mendedikasikan momen peluncuran pesawat ini sebagai sebuah persembahan untuk para tenaga medis yang berada di garis depan dan mereka yang terkena dampak pandemi covid 19 ini. Sebuah pesan yang bertuliskan semboyan 'Amerika Kuat' pun termaktub di 'fairing payload roket' pesawat ini.

Misi yang diemban oleh pesawat tanpa awak X-37B ini merupakan misi rahasia yang telah dimulai oleh USAF sejak 1999 lalu. Keterangan mengenai program ini juga sangat terbatas, Pentagon sendiri hanya mengungkapkan sedikit detail terkait program rahasia ini.

"Misi X-37B kali ini akan menjadi misi yang sangat penting untuk mendukung beberapa eksperimen sebelumnya,"  papar Sekretaris Angkatan Udara Barbara Barrett, seperti dikutip bbc.com, Senin (18/5).

Pesawat ruang angkasa tanpa awal X-37B ini dibangun oleh Boeing dengan mengadaptasi desain dari pesawat ulang-alik berawak yang pensiun dari program luar angkasa AS tahun 2011 lalu. Dengan ukuran badan pesawat lebih dari 29 kaki (9 meter), dan memiliki lebar sayap hampir 15 kaki dengan berat 11.000 pon (4.989 kg) lengkap dengan panel surya yang akan menjadi sumber tenaga dari pesawat tersebut.

Pesawat ini pertama kali diuji-coba pada April 2010 lalu untuk misi penjelajahan luar angkasa selama delapan bulan.  Penerbangan X-37B tahun ini menjadi misi keenam pesawat tanpa awak ini mengorbit di ruang angkasa. (M-4)

 

BERITA TERKAIT