18 May 2020, 12:55 WIB

DKI: Sebelum Lebaran, PSBB Diperpanjang Lagi


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Jelang lebaran, Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta bakal memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal itu diutarakan oleh Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat.

"Iya betul, mungkin segera dikeluarkan (pengumuman resmi) perpanjangan PSBB," kata Hendra, Jakarta, Senin (18/5).

Adanya perpanjangan PSBB tahap ketiga tersebut, untuk mencegah adanya kerumunan warga menjelang dan saat hari H lebaran. Hendra meminta masyarakat mematuhi aturan mengenai pembatasan kegiatan beribadah yang dilakukan secara berjemaah demi menekan penularan covid-19 di Jakarta.

Baca juga: PSBB Dinilai Belum Efektif, PDIP Tuding Anies Hanya Pencitraan

Pelaksanaan Salat Idul Fitri di rumah diikuti oleh seruan resmi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta dan Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta. Bahkan mereka melarang takbiran keliling.

"Pemrov DKI Jakarta, MUI dan DMI DKI Jakarta dan seluruh stakeholder lainnya sudah berkoordinasi dan mengimbau kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk salat Idul Fitri di rumah saja bersama keluarga masing-masing," jelas Hendra.

Hendra mengatakan aparat keamanan juga bakal dilibatkan dalam pengawasan Salat Idul Fitri yang jatuh pada Minggu (24/5) mendatang.

"Kami berharap masyarakat bisa memahami dan mematuhi aturan yang berlaku saat ini demi kebaikan," pungkas Hendra. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT