18 May 2020, 12:46 WIB

Spanyol Catat Angka Kematian Akibat Korona di Bawah 100


Nur Aivanni | Internasional

SPANYOL melaporkan 87 kematian akibat virus korona baru atau covid-19 selama 24 jam, Minggu (17/5). Jumlah kematian harian tersebut merupakan yang pertama kali dalam dua bulan ini di bawah angka 100.

Jumlah itu keluar sehari sebelum Spanyol kembali melonggarkan tindakan lockdown di seluruh wilayah kecuali Madrid dan Barcelona.

"Untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama (angka kematian harian) kita di bawah 100, ini merupakan kabar baik," kata Kepala Pusat Kesehatan Darurat Fernando Simon seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (18/5).

Saat puncak wabah pada awal April, Spanyol menghitung ada 950 kematian dalam satu hari. Spanyol menjadi salah satu negara yang paling terpukul oleh virus dengan total 27.650 kematian. Jumlah kasus yang dikonfirmasi lebih dari 231.000.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Brasil Lampaui Spanyol dan Italia

Simon mengatakan Spanyol sudah semakin dekat untuk bisa mengakhiri penularan virus, berkat upaya warga. Kendati demikian, ia pun memperingatkan bahaya gelombang kedua infeksi masih sangat besar.

Maka itu, Menteri Kesehatan Salvador Illa menyampaikan pemerintah ingin memperkuat kewajiban penggunaan masker bagi warga.

Keputusan mengenai hal tersebut, sambungnya, akan diterbitkan dalam beberapa hari mendatang. Sebelumnya, penggunaan masker sudah diwajibkan di transportasi umum.(CNA/OL-5)

BERITA TERKAIT