18 May 2020, 12:29 WIB

Tik Tok Luncurkan Aplikasi Mudik Online


Thomas Harming Suwarta | Humaniora

DALAM rangka mendukung program pemerintah meminta masyarakat tidak mudik lebaran tahun ini, Tik Tok Indonesia meluncurkan kreatifitas baru melalui aplikasi mudik online. Melalui aplikasi ini, Tik Tok merangsang kreatifitas pengguna Tik Tok di Indonesia untuk menciptakan kegiatan mudik namun dilakukan secara online.

Head of Public Policy Tik Tok Indonesia, Donny Eriasta, melalui konferensi pers virtual, Senin (19/5), menjelaskan inisiatif ini diambil Tik Tok dalam kerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 sebagai upaya mendukung langkah pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. 

Baca juga: Realisasi Bansos Tahap Ketiga di DKI 961 Ribu Keluarga

"Kita ketahui bersama bahwa ada imbauan pemerintah untuk tidak mudik. Namun bagaimana pun ini adalah tradisi maka kami berinisiatif kita tetap bisa mudik tetapi dilakukan secara online," kata Donny.

Dijelaskan dia bahwa Tik Tok sudah menyiapkan fitur-fitur yang mendukung kegiatan mudik online ini baik berupa back sound maupun kreatifitas lain yang memungkinkan silaturahim saat lebaran tetap terjaga meski secara fisik tidak berjumpa. 

"Misalnya sudah ada yang membuat konten dia seakan-akan mudik benaran, menyiapkan barang-barang lalu dia masuk melalui map untuk mengetahui posisi rumah keluarganya di kampung lalu dia menyapa melalui video call. Dan masih banyak lagi lainnya," ucap Donny.

Kata dia kesempatan saat ini para pengguna Tik Tok bisa mengeluarkan segala kreatifitasnya untuk memastikan mudik tetap bisa kita lakukan meski secara online.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Liliek Kurniawan, menambahkan pihaknya berterimakasih atas inisiatif Tik Tok Indonesia yang mengenalkan aplikasi mudik online ini. 

"Artinya sebagai sebuah tradisi kita tetap bisa melakukannya hanya saja ini secara online. Silaturahim tetap kita jalankan, upaya pencegahan Covid-19 juga tetap bisa kita lakukan," pungkas Liliek. (OL-6)

BERITA TERKAIT