18 May 2020, 09:20 WIB

Gubernur New York Jalani Tes Covid-19 Saat Siaran Langsung


Basuki Eka Purnama | Internasional

GUBERNUR New York Andrew Cuomo, Minggu (17/5), menjalani tes covid-19 saat memberikan briefing harian yang disiarkan langsung televisi. Cuomo kemudian mengajak warga New York untuk beramai-ramai menjalani tes virus korona.

"Anda tidak perlu menjadi tangguh untuk menjalani tes," ujar Cuomo dalam briefing hariannya.

Birefing harian Cuomo disaksikan oleh jutaan orang sejak New York menjadi pusat pandemi covid-19 di Amerika Serikat (AS) dengan lebih dari 350 ribu kasus dan lebih dari 22 ribu kematian.

Baca juga: Obama kembali Kritik Pemerintahan Trump

"Anda harus cerdas, bersatu, dan disiplin. Anda harus cinta diri sendiri dan keluarga, warga New York." tegas Cuomo setelah seorang perawat yang mengenakan APD dan face shield memasukkan alat swab ke hidungnya untuk mengambil sampel.

"Jika besok saya tidak muncul, itu berarti saya positif covid-19," imbuh Cuomo yang telah beberapa kali menjali tes virus korona.

Cuomo mengatakan kriteria tes covid-19 telah diperluas bukan hanya untuk mereka yang menunjukkan gejala namun juga untuk mereka yang telah kembali bekerja, pekerja medis, dan semua orang yang berinteraksi dengan orang lain atau orang sakit.

"Saat ini, hanya sedikit warga New York yang menjalani tes covid-19," timpal dia yang mengatakan hal itu merupakan syarat penting agar lockdown bisa diperlonggar.

Kemudian, lewat Twitter, Cuomo mencicit, "Uji ini cepat, mudah, dan tidak sakit. Jika saya punya waktu untuk melakukannya, Anda juga." (OL-1)

 

BERITA TERKAIT