18 May 2020, 08:24 WIB

Kasus Covid-19 di Brasil Lampaui Spanyol dan Italia


Nur Aivanni | Internasional

JUMLAH kasus covid-19 di Brasil telah melampaui jumlah kasus di Spanyol maupun Italia. Dengan begitu, Brasil kini menjadi negara dengan jumlah infeksi virus korona yang terkonfirmasi terbesar keempat di dunia.

Dikutip dari BBC, Senin (18/5), pejabat Brasil, pada Sabtu (16/5) melaporkan 14.919 kasus baru dalam 24 jam terakhir, sehingga totalnya menjadi 233.142. Itu berarti hanya Amerika Serikat (AS), Rusia, dan Inggris yang memiliki jumlah kasus lebih tinggi dari yang dimiliki Brasil.

Adapun korban meninggal akibat covid-19 di Brasil selama 24 jam adalah sebanyak 816 kematian, sehingga totalnya menjadi 15.633.

Baca juga: India Perpanjang Lockdown Untuk Keempat Kalinya

Para ahli kesehatan di Brasil telah memperingatkan jumlah sebenarnya dari infeksi yang dikonfirmasi di negara itu mungkin jauh lebih tinggi daripada angka resmi karena kurangnya pengujian covid-19.

"Brasil hanya menguji orang-orang yang berakhir di rumah sakit," kata Domingo Alves dari University of São Paulo Medical School kepada kantor berita AFP, pekan lalu.

Alves adalah salah satu penulis penelitian yang memperkirakan jumlah sebenarnya infeksi virus korona di Brasil adalah 15 kali lebih tinggi dari angka resmi.

"Sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi berdasarkan data yang tersedia. Kami tidak memiliki kebijakan nyata untuk mengelola wabah," katanya.

Pada Minggu (17/5), Wali Kota Sao Paulo Bruno Covas memperingatkan bahwa sistem kesehatan kota itu bisa tumbang.

Ia mengatakan rumah sakit umum di kota itu sudah mencapai 90% untuk kapasitas tempat tidur darurat, dengan permintaan yang masih meningkat. (OL-1)

BERITA TERKAIT