18 May 2020, 09:30 WIB

UEFA: Kompetisi Eropa Musim 2019/2020 Rampung pada Agustus


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

PRESIDEN UEFA Aleksander Ceferin mengatakan kompetisi domestik di Eropa termasuk Liga Champions dan Liga Europa musim 2019/2020 akan rampung pada Agustus.

Liga top Eropa telah ditunda sejak Maret akibat pandemi virus korona atau covid-19. Eredivisie Belanda dan Ligue 1 telah menghentikan total kompetisi. Sedangkan, Bundesliga Jerman kembali bergulir pada Sabtu (16/5).

Sementara itu, Serie A Italia, La Liga Spanyol dan Liga Primer Inggris masih menunggu lampu hijau dari pemerintah.

"Kami punya rencana tapi harus menunggu komite eksekutif UEFA untuk kepastian tanggal. Saya bisa mengatakan kompetisi Eropa musim ini akan selesai, jika semua seperti saat ini, akan rampung pada Agustus," ungkap Ceferin kepada beIN Sport, dilansir dari Supersport, Senin (18/5).

Baca juga: UEFA Imbau Liga-Liga Eropa Selesaikan Kompetisi

Ceferin mengatakan setidaknya 80% dari liga di Eropa musim ini akan rampung pada Agustus. Ia mengaku memiliki rencana agar kompetisi tak dihentikan prematur. Selain itu, kompetisi domestik juga perlu dirampungkan untuk mendapatkan tempat di kompetisi Eropa musim depan

"Saya kira mayoritas liga musim ini akan selesai. Yang tidak menyelesaikan, itu keputusan mereka. Tapi mereka tetap harus memainkan babak kualifikasi jika ingin berpartisipasi di kompetisi UEFA," ungkap Ceferin.

Sementara itu, mengenai Piala Eropa 2020 yang ditunda hingga tahun depan, Ceferin terus mengupayakan tetap menggelar di 12 kota sebagai bagian perayaan 60 tahun kompetisi antarnegara di Benua Biru itu.

"Kami telah berkoordinasi dengan 9 kota dan tak ada masalah. Tapi, kami punya masalah di tiga kota. Kami akan membahasnya lebih jauh. Prinsipnya, kami akan melakukannya di 12 kota, tapi jika tidak, kami siap melakukannya di 10, 9 atau 8 kota," pungkasnya.(supersport/OL-5)

BERITA TERKAIT