18 May 2020, 07:27 WIB

PM Belgia Berkunjung ke RS, Pekerja Medis Balik Badan


Basuki Eka Purnama | Internasional

STAF di sebuah rumah sakit di Brussels memberi sambutan dingin kepada Perdana Menteri Sophie Wilmes. Mereka bahkan membalikan badan saat perdana menteri itu berkunjung ke rumah sakit mereka.

Perawat dan pekerja medis lainnya berbaris di pintu masuk Rumah Sakit Saint Pierre di Brussels ketika Wilmes tiba, Sabtu (16/5). Mereka langsung berbalik badan saat perdana menteri itu turun dari mobilnya.

Mereka memprotes minimnya sumber daya yang diberikan ke rumah sakit dan aturan pemerintah yang mengharuskan mereka tetap bekerja selama pandemi covid-19 belum berakhir.

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Mesir Perketat Aturan Lockdown

"Politisi berulang kali membalikan badan mereka setiap kali kami meminta bantuan," ujar seorang perawat yang menolak disebutkan namanya kepada RTBT.

"Kami kekurangan sumber daya manusia dan kami kelelahan. Kami menuntut profesi kami mendapatkan penghargaan yang selayaknya," imbuhnya.

Seorang juru bicara Wilmes mengatakan perdana menteri itu berbicara selama 40 menit dengan perwakilan pekerja kesehatan yang melakukan protes itu.

Wilmes mencicit bahwa pembicaraan dengan pekerja kesehatan dari rumah sakit itu adalah momen penting.

"Situasi kesehatan, perlindungan, kelelahan mental, dan menghargai profesi, dan pembiayaan kesehatan. Semuanya dibahas," cicitnya.

Belgia terhantam keras oleh pandemi covid-19 menjadi salah satu negara dengan angka kematian tertinggi per kapita.

Menurut data teranyar, Minggu (17/5), jumlah kasus covid-19 di Belgia yang berpenduduk 11,5 juta jiwa adalah sekitar 55.280 dengan angka kematian 9.052. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT