18 May 2020, 05:10 WIB

Bengkulu Targetkan Periksa 100 Sampel Swab per Hari


Marliansyah | Nusantara

SETELAH laboratorium RSUD M Yunus memiliki alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) Pemerintah  Provinsi Bengkulu menargetkan bisa memeriksa 100 sampel swab per hari, Keberadaan alat tes PCR tersebut akan makin memperkuat upaya memerangi pandemi virus korona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Minggu (17/5) mengatakan alat tes PCR dan alat penunjang seperti catridge dan reagen sudah tiba dari Jakarta. "Secepatnya akan kami digunakan," katanya.

Lebih jauh, Antoni mengatakan, pihaknya juga sudah merekrut tenaga ahli yang akan menjadi petugas penguji swab. "Mereka sudah mengikuti virtual meeting terkait penggunaan alat PCR," jelasnya.

Dengan memiliki adanya alat tes PCR, Provinsi Bengkulu tidak lagi harus mengirim sampel swab ke provinsi lain untuk diperiksa. Sebelumnya, sampel swab darui Bengkulu harus dikirim ke Labkesmas Kemenkes di Jakarta, BBLK Palembang ataupun Lab Unand Padang.
     
"Dengan adanya alat ini Pemprov Bengkulu sudah dapat mengetahui  hasil tes sampel swab lebih cepat, dan tak harus mengirim sampel ke Jakarta,
Palembang maupun Padang. Dari dua alat yang sudah kita dimiliki, kapasitas uji cukup banyak, bisa mencapai 100 sampel. (R-1)

 

BERITA TERKAIT