18 May 2020, 04:25 WIB

Pemprov Jateng Beli 3 Juta Masker Produksi UKM


Haryanto | Nusantara

WABAH virus korona membuat sejumlah sektor ekonomi terhenti, terutama pelaku Usaha, Kecil dan Menengah (UKM). Tak mau menunggu lama, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membuat berbaga program penyelematan.

Salah satunya menggerakkan UKM memproduksi masker kain yang hasil produksinya dibeli Pemprov Jateng. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 3 juta masker diborong Pemprov Jateng. Anggaran sebesar Rp10 miliar dikeluarkan untuk mendukung program itu,

"Dalam Jaring Pengaman Ekonomi, kami membagi ada tiga penanganan, yakni darurat, jangka pendek dan menengah. Sekarang ini penanganan darurat dan harus direspon cepat agar para pelaku UMK bisa tertolong," kata Ganjar saat meninjau gudang masker di Kantor Dinkop UKM Jateng, Minggu (17/5).

Program pembelian masker dari para pelaku UKM lanjut Ganjar merupakan tindakan darurat.UKM yang bergerak di bidang fashion, didorong untuk membuat masker dan hasilnya dibeli pemerintah. "Inilah cara kita mendorong dan menstimulus ekonomi di masyarakat agar tetap bisa berjalan," terangnya.

Setelah program ini, tahapan selanjutnya kata Ganjar adalah memberikan stimulus bagi pelaku UKM boga. Mereka yang bisa memproduksi makanan, minuman atau snack, akan mendapat bantuan dari pemerintah berupa bahan baku.

"Nanti kami bantu bahan baku, agar mereka bisa memproduki snack, makanan atau minuman. Ini cara kami agar ekonomi tetap menggelinding," kata Ganjar. (R-1)

BERITA TERKAIT