18 May 2020, 03:30 WIB

RS WZ Johannes Kupang Terima Tambahan 61 Sampel Swab


Palce Amalo | Nusantara

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nusa Tenggara Timur (NTT)  menyewa helikopter untuk mengangkut sampel swab dari sejumlah kabupaten ke Kota Kupang, Minggu (17/5). "Ada 61 sampel swab baru tiba di Kupang diangkut dengan helikopter BNPB  (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)," kata Kadis Kesehatan NTT Dominikus Mere dalam jumpa pers yang disiarkan secara virtual, Minggu (17/5).

Menurutnya, awalnya helikopter terbang dari lokasi home base-nya di Manggarai Barat mengangkut 27 swab ke Kabupaten Manggarai untuk menjemput satu swab. Selanjutnya terbang ke Sikka untuk mengangkut 19 swab, dan Lembata untuk mengangkut 14 swab.

Setelah turun dari helikopter, swab langsung dibawa ke Laboratorium Biologi Molekuler Rumah Sakit (RS) WZ Johannes Kupang untuk diperiksa. "Hari ini langsung diperiksa di lab," tambahnya.

Swab yang baru tiba itu menambah 68 swab sebelumnya sehingga total swab yang diperiksa di laboratorium tersebut sebanyak 129 swab.

Menurutnya, pemeriksaan terhadap 68 swab sebelumnya ditemukan sembilan sampel positif korona terdiri dari lima sampel positif dari Sikka, tiga sampel positif dari Sumba Timur, dan satu sampel positif dari Manggarai. "Positif di Sikka dan Manggarai berasal dari klaster Gowa dan positif di Sumba Timur dari Klaster STT Sangkakala," kata Dominikus Mere.

Dengan demikian, total positif korona di NTT sampai Minggu berjumlah 68 orang. Dari jumlah itu, enam orang  sembuh dan telah dipulangkan, dan satu orang meninggal, sehingga total positif korona yang dirawat sebanyak 61 orang. (R-1)

BERITA TERKAIT