18 May 2020, 02:55 WIB

Pemkab Tuban Siapkan Lokasi Karantina di Setiap Desa


M Yakub | Nusantara

PEMERNTAH Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur telah menyiapkan karantina pada di setiap desa/kelurahan. Fasilitas isolasi ini diperuntukkan bagi warga perantau yang terlanjur pulang ke kampung halamannya.

"Kita sudah menyiapkan tempat karantina pada masing-masing desa dan kelurahan untuk antisipasi mudik Lebaran," kata Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Minggu (17/5) siang.

Persiapan fasilitas isolasi tersebut, terang dia, untuk menampung warga asal Kabupaten Tuban yang di perantauan dan terlanjur pulang kampung. "Nantinya mereka juga harus karantina mandiri minimal 14 hari," tambahnya.

Hussein juga menyampaikan, rapid test massal yang diselenggarakan Gugus Tugas Kabupaten Tuban sepekan ini pada sejumlah pasar tradusional dimaksudkan untuk memperluas wilayah pemeriksaan pada pusat keramaian warga. Sebab, pasar berpotensi menjadi lokasi penyebaran Covid-19, mengingat sulit melakukan physical distancing.

"Melalui cara itu dapat dipetakan wilayah yang berpotensi menjadi lokasi kluster Covid-19," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, apabila hasil rapid test ditemukan ada yang reaktif pedagang yang bersangkutan akan diminta isolasi mandiri sambil menunggu dilakukannya pemeriksaan lanjutan. Jika bila mengarah ke Covid-19 akan diperiksa dengan swab test. Termasuk diterapkan protokol kesehatan lanjutan.

"Langkah tersebut sebagai upaya pencegâahan terhadap perkembangan Covid-19," pungkas politisi PKB Tuban ini. (R-1)

BERITA TERKAIT