17 May 2020, 21:39 WIB

Persebaya Minta PT LIB Jelaskan Soal Subsidi Macet


Rahmatul fajri | Sepak Bola

SEKRETARIS Umum Persebaya Surabaya Ram Surahman akan meminta penjelasan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai subsidi kepada klub yang macet saat rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa, Senin (18/5).

Ram mengatakan seharusnya ada penjelasan lebih detail dan bisa dijelaskan apa solusinya terkait subsidi yang macet tersebut.

Sejauh ini, klub baru menerima termin pertama atau bulan Februari. Padahal, selaiknya telah menerima termin keempat.

Selain macet, nilai subsidi juga diusulkan dipotong oleh LIB, di mana Rp520 juta yang dibayarkan setiap terminnya turun menjadi Rp350 juta. Namun, PSSI menolak usulan PT LIB dan meminta tetap membayar subsidi sebesar Rp350 juta seperti yang telah disepakati sebelumnya.

"Yang paling pertama ditanyakan kami adalah soal subsidi yang sampai sekarang belum ada kejelasan apa penyebabnya dan apa solusinya," kata Ram, ketika dihubungi, Minggu (17/5).

Setelah itu, yang terpenting, kata ia, adalah bagaimana opsi-opsi yang akan dilakukan ketika kompetisi benar-benar dibatalkan. Ia mengatakan ini penting bagi klub untuk mengambil langkah ke depan, seperti pembahasan kontrak dengan pemain, pelatih, dan ofisial.

"Setelah itu dibahas detail baru masuk kepada bagaimana menyiapkan opsi soal kompetisi jika dihentikan, apakah sudah dipastikan ada turnamen pengganti," ujar Ram.

Seperti diketahui, PT LIB akan menggelar RUPS virtual, besok. Rapat yang dihadiri 18 klub Liga 1 sebagai pemilik mayoritas saham dan PSSI sebagai induk sepak bola Indonesia. Selain membahas laporan keuangan, subsidi macet, opsi kelanjutan kompetisi, dan proyeksi bisnis, juga akan dibahas pengunduran diri salah satu komisaris. (OL-8).

 

BERITA TERKAIT