17 May 2020, 19:37 WIB

Anies Siapkan Gedung Kesenian Tanah Abang untuk Isolasi Mandiri


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau bilik isolasi mandiri yang berada di Gedung Kesenian Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dilansir dari akun instagram @aniesbaswedan, tempat tersebut disiapkan bagi orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19. Bilik berwarna oranye itu berukuran 2,5 x 2,5 meter.

 

"Bilik ini akan digunakan bagi ODP selama 14 hari masa inkubasi. Seperti kita tahu, 80% kasus terpapar COVID-19 merupakan mereka yang bergejala ringan dan tak bergejala, diharuskan untuk isolasi mandiri selama 14 hari," jelas Anies, Jakarta, Minggu (17/5).

 

Menurutnya, banyak warga di Jakarta yang tinggal di perkampungan yang membutuhkan ruang atau tempat isolasi sementara, karena di rumah mereka tidak memadai. Di tiap kelurahan, sebut Anies, juga sudah menyiapkan tempat untuk isolasi mandiri bagi pasien ODP atau gejala ringan Covid-19.

 

"Terobosan bilik isolasi mandiri ini merupakan solusi agar fasilitas kesehatan lanjutan dapat diprioritaskan sepenuhnya bagi mereka yang bergejala berat Covid-19 dan membutuhkan perawatan intensif," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2014-2016 itu menyebut, bilik isolasi mandiri di Gedung Kesenian Tanah Abang hasil kerja sama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), BUMD Sarana Jaya dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Hari ini, kasus positif Covid-19 di Jakarta mencapai 5.922 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.295 orang dinyatakan telah sembuh dan jumlah pasien meninggal sebanyak 478 orang. Sebanyak 1.932 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 2.217 orang melakukan isolasi mandiri di rumah. (OL-8).

 

BERITA TERKAIT