17 May 2020, 14:30 WIB

Obama: Pandemi Tunjukkan Ketidakbecusan Pemimpin AS


Basuki Eka Purnama | Internasional

BARACK Obama secara tidak langsung mengkritik penerusnya Donald Trump saat ambil bagian dalam wisuda daring, Sabtu (16/5). Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) itu sebelumnya tidak pernah mengkritik Trump.

"Lebih dari apa pun, pandemi ini menunjukkan dengan jelas bahwa banyak orang yang berada di pucuk pimpinan negeri ini tidak tahu apa yang mereka lakukan," ujar Obama kepada wisudawan dari sejumlah universitas yang didominasi warga kulit hitam.

"Banyak dari mereka berpura-pura memegang kendali," imbuhnya saat membahas impilkasi dari covid-19 tanpa menyebutkan nama pemimpin yang dimaksud.

Baca juga: Amerika Bersatu Gelar Kompetisi Masker Lebaran

Obama selama ini memilih tidak menonjolkan diri sejak meninggalkan posisi presiden AS pada Januari 2017.

Pada Sabtu (16/5), dia juga menggarisbawahi bahwa krisis kesehatan ini memunculkan ketidakadilan ras di AS dengan mengacu pada penembakan Ahmaud Arbery yang tewas ditembak saat sedang joging di Georgia.

"Penyakit seperti ini hanya menunjukkan betapa tidak adilnya perlakuan terhadap komunitas kulit hitam di negara ini," ujar Obama.

"Kita bisa melihat betapa buruknya dampak covid-19 terhadap komunitas kita. Kita bisa melihatnya dari seorang pria kulit hitam yang sedang joging dan sejumlah orang merasa perlu mencegatnya, menanyainya, dan kemudian menembaknya," serunya. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT