17 May 2020, 10:13 WIB

Kasus Covid-19 Meningkat, Kenya Tutup Perbatasan


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PRESIDEN Kenya Uhuru Kenyatta memerintahkan penutupan perbatasan dengan Somalia dan Tanzania, Sabtu (16/5), karena meningkatnya infeksi lintas batas covid-19,

Kenyatta mengungkapkan 43 orang yang baru-baru ini melintasi perbatasan dari negara tetangga Somalia dan Tanzania termasuk di antara kasus yang didiagnosa pada pekan ini

“Oleh karena itu, sesuai saran dari Komite Tanggap Darurat Nasional tentang Covid-19 dan Dewan Keamanan Nasional, saya mengarahkan akan ada penghentian pergerakan orang dan penumpang yang mengangkut mobil dan kendaraan ke dan keluar dari wilayah Republik Kenya melalui perbatasan internasional Kenya-Somalia kecuali untuk kendaraan kargo, yang berlaku mulai Sabtu (16/5) tengah malam,” ujarnya.

Baca juga: Polisi Warsawa Bentrok dengan Pengunjuk Rasa Antilockdown

Dia mengeluarkan arahan yang sama untuk Tanzania dan mengumumkan perpanjangan waktu 21 hari pemberlakuan jam malam.

Kendaraan kargo yang memasuki Kenya akan diwajibkan menjalankan tes covid-19 dan pengemudi hanya akan diizinkan masuk jika hasil tes negatif.

Kenya mencatat 830 infeksi yang dikonfirmasi dan 50 kematian akibat covid-19.

Pemerintah mengatakan, dalam beberapa hari terakhir, hasil tes 78 pengemudi truk asing positif terkena virus di perbatasan dan ditolak masuk. (AA/OL-1)

BERITA TERKAIT