17 May 2020, 11:15 WIB

Satu Perempuan Muda di Klaten Terpapar Covid-19


Djoko Sardjono | Nusantara

PASIEN terkonfirmasi positif covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, bertambah satu orang. Sehingga, jumlah pasien positif yang saat ini dirawat di rumah sakit di Klaten menjadi 11 orang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Cahyono Widodo, Sabtu (16/5).

"Hari ini, tambah satu kasus positif covid-19. Pasien yang terkonfirmasi positif virus korona itu adalah perempuan muda berinisial HHM, 20, asal Kecamatan Karanganom," jelasnya.

Baca juga: 2 500 Perantau Asal Kendal tidak Mudik

Menurut Cahyono, HHM yang saat ini dirawat di RSD Bagas Waras Klaten kemungkinan tertular anggota keluarga yang sebelumnya juga pasien positif covid-19.

Untuk pencegahan persebaran virus tersebut, Satgas Covid-19 telah melakukan pelacakan orang-orang yang pernah kontak dengan pasien dan segera dilakukan rapid test.

Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten meminta Satgas RT/RW untuk memperketat pemantauan pemudik dan warga yang datang dari luar daerah.

Warga dari luar wilayah diimbau agar melapor Gugus Tugas RT/RW, dan mengisolasi diri selama 14 hari. Jika mengalami gejala sakit segera periksa di puskesmas terdekat.

"Dengan penambahan satu kasus positif Covid-19, warga masyarakat tidak perlu panik atau takut. Untuk antisipasi dan pencegahan taati protokol kesehatan, pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT