17 May 2020, 08:20 WIB

RUPS PT Liga Indonesia Baru Sepakat Digelar Virtual


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

KOMISARIS PT Liga Indonesia Baru (LIB) Hasani Abdulgani memastikan rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa digelar pada Senin (18/5/2020) pukul 12.30 WIB. Hasani mengatakan, di tengah kondisi pandemi virus korona baru (covid-19) dan adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pihaknya akan menggelar rapat secara virtual.

Hasani mengatakan undangan telah diberikan kepada 18 klub sebagai pemegang ma yoritas saham dan induk sepak bola Indonesia, PSSI. Dalam undangan itu juga diimbau peserta rapat dapat memiliki koneksi yang stabil sehingga rapat berjalan lancar.

“Karena pandemi ini, jadi rapat secara virtual. Notaris menekankan yang penting semua pemegang saham, yakni 19 (18 klub dan PSSI) itu tidak terganggu oleh masalah sinyal (koneksi). Semuanya harus mendengar setiap pembicaraan karena keputusannya harus bulat,” kata Hasani ketika dihubungi, kemarin.

Pada rapat nanti akan dibahas mengenai laporan kegiatan kompetisi pada Februari hingga Mei. Kemudian, akan ada laporan keuangan. Selanjutnya, proyeksi bisnis pada 2020 dengan adanya kondisi pandemi covid-19. Lalu, akan diputuskan mengenai status Liga 1 dan kejelasan subsidi klub serta dibahas soal pengunduran diri salah satu komisaris.

Saat ini, ada lima orang yang menghuni kursi komisaris. Selain Hasani, ada Munafri Arifuddin, Ferry Paulus, Endri Erawan, dan Hakim Putratama. Namun, Hasani tidak memerinci sosok yang akan mengundurkan diri tersebut. *Terakhir, pada RUPS nanti akan menampung usulan dari klub selaku pemilik mayoritas saham PT LIB.

Lebih lanjut, mengenai kejelasan kompetisi nanti akan mengarah kepada prospek bisnis dan menyangkut kontrak pemain, pelatih, dan ofisial.

Hasani mengatakan kejelasan kompetisi akan diputuskan PSSI nantinya ketika telah ada pengumuman pemerintah soal status tanggap darurat covid-19. “Hasil RUPS nanti tetap tidak ada keputusan tentang kompetisi sebelum ada keputusan pasti dari PSSI dan pemerintah,” ungkap Hasani yang juga menjabat sebagai komite eksekutif PSSI itu. (Faj/R-2)

BERITA TERKAIT