16 May 2020, 20:57 WIB

Truk Oleng Tabrak Kerumunan Buruh Migran, 30 Orang Tewas di India


Deri Dahuri | Internasional

SEDIKITNYA 30 pekerja migran tewas dalam satu kecelakaan di  jalan di Negera Bagian Uttar Pradesh, India, Sabtu (16/5). Para pekerja mengalami kecelakaan saat mereka hendak pulang kampung ke tempat asalnya disebabkan pemberlakukan lockdown nasional di India.

Kecelakaan yang menelan banyak korban tersebut terjadi saat pemberlakuan lockdown  terkait upaya menekan penyebaran virus korona selama tujuh pekan di seluruh India. Lockdown yang memaksa aktivitas bisnis terhenti telah membuat  jutaan pekerjaan kehilangan pekerjaan dan hidup menganggur.    

Kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa memang kerap teradi di jalan raya, rel kereta api, dan kelelahan saat perjalanan pulang kerja di India.  

Sementara itu, kecelakaan yang merenggut jiwa 30 pekerja migran disebabkan kelalaian sopir truk. Insiden kecelakaan dimulai saat sekitar 40 pekerja dan keluarganya berkerumun di sebuah kafe yan berada di sisi jalan di Uttar Pradesh. Tiba-tiba sebuah truk berjalan tak tentu arah dan menabrak kerumunan pekerja.

Kepada AFP, hakim setempat Abishek Singh mengatakan sekitar 25 orang tewas dan 30 orang lainnya terluka saat itu. Kecelakaan diduga sopir truk mengantuk. Truk yang menabrak membawa bubuk kapur.

Di Twitter pribadinya, Perdana Menteri India Narendra Modi menyebut kecelakaan itu "sangat tragis".

Tak hanya di Negera Uttar Pradesh, kecelakaan yang menelan banyak korban terjadi di Negara Bagian Madhya Pradesh, India. Truk yang membawa para pekerja dari Negara Bagian Maharashtra menuju Madhya Pradesh terguling di tengah perjalanan. 

Kecelakaan yang menewaskan lima tewas disebabkan sopir yang mengendarai truk dalam keadaan mabuk. Pejabat lokal yang bernama Shashi Mishra mengatakan empat dari lima yang tewas adalah wanita dan 17 orang lainnya terluka. (AFP/OL-09)

 

BERITA TERKAIT