16 May 2020, 19:45 WIB

Penerapan Teknologi Penting untuk Angkat Daya Saing UMKM


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

PANDEMI covid-19 membuat penerapan bisnis tak bisa dijalankan secara tradisional. Keterhubungan dengan konsumen kini banyak berlangsung secara digital. Pengusaan teknologi informasi pun penting untuk bertahan di tengah pandemi. 

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Budi Karya Sumadi dalam seminar virtual Kagama inkubasi bisnis (KIB) IX, Sabtu (16/5). 

"Di masa pandemi, pemanfaatan teknologi informasi menjadi penting. Ini merupakan cara baru, dalam hal ini pemerintah juga berniat melatih banyak orang, termasuk kelompok UMKM untuk bisa mengusai teknologi informasi,” kata Budi.

Langkah ini, kata Budi, merupakan salah satu cara untuk mempertahankan ekonomi dalam situasi pandemi. Ia mengakui, UMKM menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar bagi Indonesia. Tanpa UMKM, Indonesia tidak bisa bertahan.

Baca juga : Bank DKI Raih Penghargaan Digital Brand Award

UMKM masih menjadi solusi pertahanan ekonomi saat ini. Untuk itu, Presiden belum lama ini mengkampanyekan untuk masyarakat bangga pada produk lokal,” jelas alumnus Teknik Arsitektur UGM itu. 

Kebanggaan itu harus dibuktikan dengan pemberdayaan UMKM, di samping juga memanfaatkan produk yang dihasilkan oleh mereka.

UMKM, lanjut Budi merupakan salah satu sektor usaha yang palinh terdampak pandemi covid-19. Menurutnya, pemerintah sedang menyusun strategi agar bisa mengatasi dampak pandemi covid-19 terhadap UMKM. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT