16 May 2020, 17:13 WIB

Bertamu ke Union Berlin, Ketajaman Lewandowski Diuji


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

ROBERT Lewandowski siap menjadi tumpuan Bayern Muenchen saat melawat ke markas Union Berlin, Alte Foersterei pada lanjutan Bundesliga, Minggu (17/5) malam WIB.

Lewandowski, 31, sedang menjalani musim terbaik dalam perjalanan karirnya, yakni dengan torehan 25 gol dalam 23 pertandingan liga. Capaian ini sangat dekat dengan catatan 30 gol di musim 2015/16 dan 2016/17.

Pemain asal Polandia itu tampaknya sedikit bersyukur dengan ditunda Bundesliga pada pertengahan Maret imbas virus korona atau covid-19. Ia mampu mengebut penyembuhan cedera pangkal paha yang ia derita sejak Desember dan bisa tampil bugar saat melawan Union.

"Saya merasa lebih baik daripada sebelumnya karena saya bisa bekerja keras untuk kebugaran fisik selama dua bulan terakhir," kata Lewandowski.

Selain berada dalam kondisi fit, ketajaman Lewandowski juga akan diasah oleh Miroslav Klose. Mantan striker timnas Jerman itu menjadi asisten pelatih Muenchen selama setahun ke depan.

Baca juga : Pertahankan Jesus, Man City Rogoh Rp2,1 Miliar

Lewandowski mengaku beruntung bisa dilatih oleh eks pemain Bayern yang mengoleksi 53 gol dalam 150 pertandingan itu.

"Dia adalah pemain hebat dan saya tahu dia bisa membantu kami dengan pengalaman dan keahliannya," ungkap Lewandowski.

Sementara itu, juru taktik Muenchen Hansi Flick ogah meremehkan kekuatan Union Berlin yang berada di papan tengah. Pasalnya, Union Berlin mampu memberi kejutan dengan membekap Borussia Dortmund dan Moenchengladbach musim ini.

Flick juga mengaku tetap waspada meski sang pelatih Union Berlin Urs Fischer harus absen dari laga ini, karena melanggar aturan karantina. Fischer meninggalkan hotel karena harus merawat ayah mertuanya yang meninggal dunia.

"Mereka adalah tim dengan mental yang hebat. Kami akan menghadapi tim agresif yang langsung menyerang. Kita harus menunjukkan mentalitas kita dan menghadapi tantangan mereka," kata Flick tentang Union.

Baca juga : Club Brugge Dinobatkan Jadi Juara Liga Belgia

Di samping mewaspadai Union Berlin, Flick mengaku harus meracik dengan hati-hati susunan pemain nantinya. Pasalnya, ia tidak yakin anak asuhnya bisa tampil penuh 90 menit setelah libur selama dua bulan.

"Kami menggelar laga uji coba di latihan dengan 20 menit kemarin. Intensitasnya tinggi. Tapi, kita tidak tahu apakah seluruh skuad mampu bertahan lebih dari 90 menit," ungkapnya.

Pada laga nanti para pemain harus mengikuti protokol medis, seperti mengenakan masker bagi pemain di bangku cadangan, menghindari jabat tangan atau berpelukan saat perayaan gol.

Flick mengatakan anak asuhnya telah diberi pengarahan tentang protokol medis dan apa yang harus dilakukan. Namun, Flick mengatakan hal itu tidak akan berpengaruh besar pada penampilan anak asuhnya.

"Tidak banyak yang berubah kecuali masker di ruang ganti. Lebih dari 200 negara akan menonton, kami memiliki penonton yang sangat besar sehingga kami ingin memberikan penampilan yang terbaik," kata Flick. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT