16 May 2020, 09:30 WIB

Pasien Tolak Isolasi, Peluk Tetangga Agar Ketularan


Kristiadi | Nusantara

DINAS Kesehatan Kota Tasikmalaya akan melakukan rapid test massal untuk warga di Kelurahan Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Setelah ada kabar pasien dalam pengawasan) memeluk orang lain di dekatnya supaya ketularan virus covid-19. Peristiwa itu terjadi Jumat (15/5) siang setelah adanya laporan warga, bahwa orang tersebut seharusnya melakukan isolasi mandiri di rumah, namun ia justru keluar rumah dan jalan-jalan di kampung.

Laporan tersebut direspons oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya. Petugas kesehatan dengan memakai baju hazmat dikawal polisi dan TNI mendatangi rumah pasien d tersebut agar pasien dikembalikan ke rumah sakit untuk menjalani isolasi. Proses penjemputan tidak berlangsung mulus. Terjadi ketegangan dan  pasien serta istrinya menyalahkan petugas kesehatan. Polisi kemudian memblokir sekitar rumah pasien, agar tidak melarikan diri. Kejadian tersebut direkam oleh warga sekitar yang menyaksikan. Tanpa diduga, pasien itu berlari menuju ke warga yang sedang merekam kejadian dan memeluk mereka. 

"Ieu naon (ini apa) sih? Dimana sih? Saya peluk semua, ODP kamu, ODP," kata pasien tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan petugas kesehatan telah melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang dipeluk oleh pasien tersebut. Orang yang kontak dengan pasien tersebut harus menjalani rapid test. Pihaknya akan berkoordinasi dengan RT setempat. 

"Rapid test ini hanya dilakukan di tempat tinggal pasien. Dan hanya beberapa warga yang kontak dengan pasien tersebut menjalani rapid test. Kami lakukan sejak dini agar tidak menjadi klaster lokal," kata Uus, Sabtu (16/5). 

baca juga: Pemalsu Surat Bebas Covid-19 Dibekuk

Wakil Wali Kota Tasikmalaya,  Muhammad Yusuf mengapresiasi kerja para petugas Tim Satgas Covid-19 yang bisa membujuk keluarganya agar pasien tersebut diisolasi di rumah sakit. Sekaligus dengan isolasi di rumah sakit bisa mencegah penularan di lingkungan RT. Ia juga memerintahkan agar RT tempat tinggal pasien disemprot disinfektan. (OL-3)

BERITA TERKAIT