16 May 2020, 07:51 WIB

Club Brugge Dinobatkan Jadi Juara Liga Belgia


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

CLUB  Brugge resmi dinobatkan sebagai juara Liga Belgia musim 2019-2020 setelah Pro League menghentikan liga secara prematur pada bulan lalu imbas wabah korona atau covid-19. Belgia adalah negara pertama di Eropa yang membatalkan liga, tetapi keputusan itu masih harus diratifikasi oleh klub-klub yang ditentukan pada Jumat (15/5).

Liga Belgia tinggal menyisakan satu pekan lagi untuk musim reguler. Setelah itu akan digelar babak play-off untuk menentukan gelar juara serta tim mana saja yang lolos ke Europa League. Namun, sistem tersebut tak bisa dilakukan karena pemerintah Belgia telah melarang semua kompetisi olahraga hingga 31 Juli. Majelis umum Pro League lantas memutuskan untuk menentukan musim berdasarkan klasemen pada musim reguler.

baca juga: Higuain Akhirnya Tiba di Turin

Club Brugge mengantongi keunggulan 15 poin dari Gent. Ini adalah gelar ke-17 bagi Club Brugge dan yang ketiga dalam lima musim terakhir.Dengan perengkuhan gelar juara ini, Brugge otomatis lolos ke Liga Champions. Sedangkan Gent harus melalui babak kualifikasi untuk lolos ke fase grup Liga Champions. Harleroi, Royal Antwerp dan Standard Liege lolos ke Liga Europa. Sementara Waasland-Beveren terdegradasi ke divisi B. (BBC/OL-3)
 

BERITA TERKAIT