16 May 2020, 06:34 WIB

F1 Sepakat Silverstone Gelar Dua Kali Balapan pada Tahun Ini


Rahmatul Fajri | Olahraga

MANAJEMEN sirkuit Silverstone telah sepakat dengan Formula 1 untuk menyelenggarakan dua balapan pada Grand Prix Inggris secara tertutup pada musim panas ini. Dua balapan itu direncanakan akan digelar pada 26 Juli dan 2 Agustus. Balapan yang sedianya digelar 19 Juli dibatalkan untuk memberi jeda waktu yang ideal setelah GP Austria pada 5 Juli.

"Saya dengan bangga mengonfirmasi bahwa Silverstone dan Formula 1 telah mencapai kesepakatan untuk menjadi tuan rumah dua balapan tertutup musim panas ini," kata Direktur Eksekutif Sirkuit Silverstone, Stuart Pringle, dilansir dari crash.net, Jumat (15/5).

Meski demikian, balapan ini bisa digelar setelah mendapat persetujuan pemerintah Inggris. Pringle mengatakan pihaknya akan menerapkan protokol medis yang ketat guna terselenggaranya balapan tersebut.

"Prioritas kami adalah keselamatan semua yang terlibat dan kepatuhan yang ketat terhadap peraturan covid-19," kata Pringle.

Pihak F1 menambahkan akan terus berkoordinasi dengan Silverstone dan promotor lainnya mengenai kemungkinan diubahnya kalender 2020.  F1 sepakat menggelar balapan di Silverstone tanpa penggemar setelah adanya lampu hijau dari emerintah Inggris, yang melonggarkan kebijakan lockdown dan olahraga profesional bisa kembali dilanjutkan.

baca juga: Petronas Yamaha SRT Prioritaskan Morbidelli Ketimbang Rossi

F1 saat ini juga sedang dalam berkoordinasi dengan pemerintah Inggris untuk mendapatkan pengecualian bagi stafnya dari aturan 14 hari karantina bagi pendatang. Hal itu dilakukan agar personel F1 dari Austria bisa langsung menyiapkan GP Inggris. Namun, masih ada potensi GP Inggris akan gagal bergulir jika paddock F1 terjebak di Austria karena situasi yang memburuk imbas covid-19. (OL-3)

BERITA TERKAIT