15 May 2020, 19:40 WIB

Hadapi Covid-19, Luncurkan Strategi Baru pada Ramadan


Mediaindonesia.com | Ekonomi

MASYARAKAT Indonesia dan dunia dipastikan akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah dengan sedikit berbeda. Pasalnya, di tengah pandemi covid-19, pemerintah sudah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan  larangan mudik ke kampung halaman  demi menekan penyebaran virus tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tesebut, Chilibeli, sebuah platform social commerce cerdas yang didirikan pada Juli 2019 lalu memperkenalkan era baru berbelanja berbagai kebutuhan pangan pokok rumah tangga secara digital. Mereka  memanfaatkan suasana PSBB dan stay at home  dengan menjawab berbagai tantangan logistik dalam  memasok produk pesanan Mitra dan Sahabat secara cepat, tanggap, berkesinambungan dan terpadu.

Baca juga: Strategi Penyediaan Pangan Menghadapi Pandemi

Pendekatan berbasis solusi pada masa pandemi covid-19 memang bukan tanpa masalah. Kendala pertama adalah melambatnya pertumbuhan lini usaha HoReCa (Hotel Restaurant Cafe) yang merupakan lini usaha B2B (business to business) Chilibeli. Hal ini mempengaruhi angka pasokan menjadi berlebih, khususnya untuk beberapa sembako.

Manajemen dengan sigap memperkuat jaringan Mitra dan Sahabat di Jabodetabek serta melebarkan sayap dengan membuka komunitas Mitra baru di Surabaya, guna mendorong penjualan pasokan lebih tersebut.

Kemudian, dengan PSBB, kegiatan komunitas pun tertunda. Oleh karena itu, Chilibeli menggencarkan strategi  akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial, sehingga berhasil menjaring ratusan Mitra baru. Strategi
baru tersebut memampukan perusahaan untuk mencapai lebih banyak Mitra dibandingkan sebelumnya, dengan  puluhan Mitra baru pada batch perdana dari kota Surabaya.

Adapun bagi masyarakat yang telah menjadi Mitra dan Sahabat, kendala berikutnya adalah penutupan akses mandiri ke berbagai pemukiman Mitra sehingga pesanan terlantar. Tantangan itu dipecahkan dengan memperbarui aplikasi dan situs Chilibeli.id, sehingg sekarang produk pesanan dapat langsung diantarkan ke rumah yang akses perumahannya tidak ditutup.

Menurut Head of Marketing  Communications Chilibeli, Yumir Syamsyah Lubis, pihaknya memahami betul menurunnya pemasukan warga. Untuk itu mereka berusaha
meringankan beban itu dengan memberikan reward berupa produk kepada pelanggan.

"Ini merupakan salah satu  wujud nyata kepedulian dan rasa syukur kami terhadap dukungan dan kesetiaan yang senantiasa diberikan pelanggan. Kami berencana  menjadikan inisiatif ini sebagai program harian yang akan berlangsung selama beberapa bulan kedepan," ujarnya

Selain itu, sejak awal puasa, Chilibeli juga meluncurkan sebuah inisiatif bertajuk#KebaikanMitraChilibeli- yaitu sebuah kampanye cerita video digital yang menyoroti kisah para Mitra Chilibeli. Tidak hanya itu, mereka pun menghadirkan paket sembako khusus Lebaran dengan harga terjangkau.

"Walaupun suasana dan kondisi  perayaan Lebaran tahun ini berbeda karena PSBB dan himbauan penundaan mudik, kami akan berusaha meredam. Untuk itu kami terus memonitor dan mengikuti perkembangan harga-harga produk sembako."

Setelah PSBB selesai, lanjut Yumir, pihaknay akan beroperasi seperti  semula. "Berdasarkan studi, kami melihat akan adanya perubahan perilaku konsumen untuk menjadikan gaya belanja online sebagai salah satu pilihan berbelanja efisien dan efektif. Terutama bagi konsumen sibuk. Mereka akan mempertimbangkan dan melirik gaya belanja online sebagai sebuah solusi cerdas dalam kesibukan hidup mereka," ujarnya. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT