16 May 2020, 03:35 WIB

Kasus Transmisi Lokal di NTT Bertambah


Palce Amalo | Nusantara

KASUS positif korona (Covid-19) di Nusa Tenggara Timur (NTT) sampai Jumat (15/5) siang tercatat bertambah delapan orang. Tiga orang diantaranya dari transmisi lokal di Kota Kupang, satu orang di Waingapu, Sumba Timur dari klaster STT Sangkakala, Jakarta Barat, dan empat lainnya di Maumere, Kabupaten Sikka dari klaster Kapal Motor Lambelu.

Kedelapan orang tersebut dinyatakan positif Covid-19 bersadarkan hasil tes swab di Laboratorium Biologi Molekuler, Rumah Sakit WZ Johannes , Kupang.

Dengan tambahan delapan kasus tersebut, total kasus positif Covid-19 di di NTT saat ini menjadi 47, satu orang diantaranya meninggal dan dua orang sembuh, dan 44 orang lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit yang tersebar di Kota Kupang (14 orang), Manggarai Barat (12), Sikka (12), Rote Ndao, Timor Tengah Selatan, dan Sumba Timur masing-masing dua orang. Sedangkan di Ende, Nagekeo, dan Flores Timur masing-masing satu orang.

Selain itu, tercatat 70 orang yang melakukan kontak erat dengan  para pasien virus korona, saat ini telah menjalani rapid tes dan juga pengambilan swab.

"Melihat eskalasi penderita Covid-19 kecenderungannya bertambah setiap hari. Kita melakukan upaya konprehensif dari hulu dan hilir untuk menghentikan penularan," kata Kepala Dinas Kesehaan NTT, Dominikus Mere, Jumat (15/5).

Menurutnya, masih banyak warga Kota Kupang tidak memakai masker. Padahal, tambahnya, kasus transmisi lokal korona sudah sangat serius. "Wajib hukumnya siapa saja keluar rumah dan berada di tempat umum memakai masker," ujarnya.

Dia minta warga tetap menaati protokol kesehatan sehingga membantu upaya pencegahan penyebaran virus korona di masyarakat. "Kita hanya bisa sukses dengan sungguh-sungguh melaksakan protokol kesehatan," tandasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT