16 May 2020, 03:20 WIB

Zona Merah Covid-19, Pasar Lembor Manggarai Barat Tutup Total


John Lewar | Nusantara

SETELAH 12 warga asal Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dinyatakan positif Covid-19, Bupati Agustinus Dula memerintahkan petutupan pusat keramaian seperti Pasar Lembor Malawatar. Pasar Lembor ditutup sejak 15 Mei-23 Mei 2020.

"Rapat tim gugus Covid Manggarai barat memutuskan penutupan akses pasar di tutup total selama dua pekan dan terus diawasi petugas di sana," ujar Agustinus Dula, Jumat (15/5).

Menurut Agustinus, penutupan ini guna mencegah meningkatnya persebaran virus korona di Lembor. Agustinus menambahkan di Kabupaten Manggarai Barat, kasus positif Covid-19 paling banyak dari Kecamatan Lembor.

"Penutupan ini ini untuk menghindari ada penambahan maupun tertularnya  virus itu ke orang lain saat berinteraksi di pasar rakyat," tegas Agustinus.

Ia memerintahkan seluruh petugas memantau pergerakan orang dan mengambil tindakan tegas terhadap warga yang tidak patuh terhadap protokoler Covid-19. "Saya minta petugas bertindak tegas jika ada yang membandel. Kalau perlu di bawa ke posko Covid lalu serahkan ke polisi," tegasnya.

Camat Lembor Pius Baut mengatakan pihaknya telah menutup total aktivitas pasar dan tetap memantau untuk membubarkan massa yang berkerumun di mana saja. "Pasar Lembor telah kami tutup sesuai instruksi Bupati Manggarai Barat selama sepekan. Pertimbangannya pembatasan orang dalam karena Lembor zona merah untuk kabupaten denan 11 orang positif korona," terang Pius. (R-1)

BERITA TERKAIT