16 May 2020, 02:30 WIB

Terminal Pinang Baris dan Amplas Medan akan Direhab


Yoseph Pencawan | Nusantara

KEMENTERIAN Perhubungan akan merehabilitasi Terminal Terpadu Amplas dan Terminal Terpadu Pinang Baris, Kota Medan, Sumatera Utara menjadi terminal yang memiliki standar seperti stasiun kereta api bahkan bandara.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumut, Putu Sumarjaya mengatakan, pihaknya telah menerima pengalihan pengelolaan Terminal Tipe A Amplas dan Pinang Baris. Saat ini progres penyerahan kedua terminal telah sampai pada tahap pelimpahan personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta Dokumen (P3D).

"Tugas berat menanti Kami. Sesuai visi misi Menteri Perhubungan, kedua terminal itu akan direhabilitasi menjadi modern, seperti stasiun kereta api atau bandara, Baik itu fasilitas maupun pelayanan," katanya, Jumat (15/5).

Menurut Putu, pihaknya terlebih dahulu akan merehabilitasi kondisi fisik Terminal Pinang Baris menjadi setaraf dengan stasiun diikuti perbaikan tata kelola dan prasarananya. Tahun depan, giliran Terminal Amplas yang akan direnovasi. Terminal Amplas juga diproyeksikan menjadi salah satu ikon Kota Medan serta sebagai simpul transportasi ketiga di Indonesia.

"Kami juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanannya sehingga penumpang akan merasa nyaman berada di Terminal Amplas. Untuk menjalankan manajemen terminal, kami akan merekrut personel dari lapangan dan jembatan timbang," papar Putu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis mengungkapkan, serah terima pengelolaan terminal ini dilakukan sesuai amanat yang terkandung dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Serah terima pengalihan pengelolaan terminal seharusnya sudah
dilakukan selambat-lambatnya pada 2018. Namun karena berbagai faktorbaru dapat dilakukan di 2020. (R-1)

BERITA TERKAIT