16 May 2020, 02:25 WIB

Surabaya Gunakan Metode Sarang Tawon untuk Perangi Covid-19


Faishol Taselan | Nusantara

PASAR-pasar di Surabaya Jawa Timur menjadi target rapid test Covid-19 secara massal oleh Pemerintah Kota Surabaya, Rapid test di pasar-pasar yang ada ini dilkaukan menyusul ditemukan kluster baru Covid-19 di salah satu pasar di Surabaya.

"Rapid test massal ini digelar di pasar pasar dengan tujuan agar dapat memisahkan mana warga yang negatif dan reaktif Covid-19," kata  Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Febria Rachmanita di Surabaya, Jumat (15/5).

Selain itu, kata Febria, rapid test massal dilakukan agar dapat  menekan angka penularan Covid-19 dan kurvanya semakin menurun. Saat melakukan test, bagi mereka yang hasilnya, reaktif akan langsung menjalania isolasi. Hingga kini, rapid test sudah dilakukan di Pasar Genteng, Pasar Simo, Pasar Simo Gunung, dan Pasar Keputran Surabaya.

Pemerintah Kota Surabaya saat ini menerapkan metode sarang tawon untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, khususnya di wilayah perkampungan. Metode yang dimaksud adalah ketika ditemukan satu orang positif di suatu wilayah, maka pemkot langsung menggelar rapid test secara massal di lokasi itu.

"Kita melakukan metode sarang tawon. Jadi ketika di lokasi-lokasi ditemukan ada terpapar, maka di kampung itu kita lakukan rapid test secara massal, sejumlah warga yang ada di situ," katanya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT