16 May 2020, 05:10 WIB

Monita Tahalea: Berbagi Kiat Olah Suara


M-4 | Weekend

PENYANYI Monita Tahalea, 32, berbagi saran tentang penjelajahan suara bagi sebuah lagu. Berbagai kemungkinan, kata dia, harus dicoba. Sangat tidak disarankan untuk membatasi pikiran sendiri. Menurut Monita, eksplorasi bunyi itu bisa saja menghasilkan suara yang aneh. Namun, tidak mengapa, karena yang dituju ialah pengetahuan tentang batas kemampuan.

“Dalam mencoba berbagai kemungkinan itu jangan takut aneh. Jangan batasi pikiran kalian,” ujar Monita kala berbincang dalam #Music Talk with Monita Tahalea: Penulisan Lagu & Perancangan Album di akun Instagram Goethe-Institut Indonesien, belum lama ini.

Eksplorasi itu terus berlanjut sampai pada titik yang dianggap cocok dan harmoni dengan lagu yang dibawakan.

“Pokoknya eksplorasi seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya, kira-kira suara kita di-strech sampai seberapa, bisa dibawa ke mana, bisa berjalan dengan bunyi yang seperti apa, tapi tentunya sesuai dengan lagu yang akan kita bawain juga,” terusnya.

Monita juga bercerita tentang proses di balik lahirnya album Dari Balik Jendela yang dirilis beberapa bulan lalu. Album itu juga memberi pelajaran berharga bagi Monita bahwa sebuah album bukan melulu tentang artis ataupun penyanyi. Sebaliknya, album ialah kerja kolektif yang melibatkan banyak orang. Oleh karenanya, penghargaan hak cipta ataupun kredit patut diperhatikan. (M-4)

 

BERITA TERKAIT