16 May 2020, 04:40 WIB

Taiwan Sumbangkan Masker Medis untuk Indonesia


MI | Internasional

PEMERINTAH Taiwan mengirim bantuan 300.000 masker medis kepada Indonesia untuk membantu memerangi pandemi virus korona baru.

Kepala Kantor perwakilan Taiwan di Indonesia (TETO) John Chen, mewakili pemerintah dan masyarakat Taiwan, menyerahkan secara langsung ratusan ribu masker medis yang baru tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta kepada pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (14/5).

Dalam keterangan TETO, kemarin, Taiwan kembali menunjukkan tekad bahwa Taiwan dapat membantu dan Taiwan terus membantu dalam bantuan medis internasional.

Dikatakan, dengan tindakan nyata, yang menjadikan persahabatan antara Taiwan dan Indonesia semakin terwujud pada saat terjadinya musibah. John Chen mengatakan pencapaian pencegahan pandemi Taiwan telah diakui secara internasional. Negara pulau itu berharap dapat berbagi pengalamannya dalam pencegahan pandemi dan pengembangan medis dengan negara-negara lainnya.

“Sumbangan masker Taiwan untuk Indonesia akan memperkuat persahabatan antara kedua negara dan sekali lagi membuktikan semangat kemanusiaan, yakni pencegahan pandemi tidak mengenal batas negara,” ujarnya.

John Chen berharap agar Taiwan dan Indonesia dapat bekerja sama untuk mengatasi penyakit ini lebih awal sehingga semua orang dapat kembali hidup normal sesegera mungkin dan merevitalisasi pembangunan ekonomi.

Pejabat dari Kementerian Perdagangan Indonesia dalam acara penyerahan donasi mengatakan Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Taiwan. Disebutkan pemerintah Indonesia telah membentuk gugus tugas untuk memerangi covid-19.

Acara donasi masker medis yang disumbangkan ke Indonesia ini sebelumnya telah diadakan di Kementerian Luar Negeri di Taiwan, Selasa (12/5). Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan, Hsu Szuchien, mewakili pemerintah dan masyarakat Taiwan, menyumbangkan masker itu kepada pemerintah Indonesia, yang diwakili oleh Teddy Surachmat, Wakil Kepala Kantor Perwakilan Indonesia di Taiwan (KDEI).

Taiwan berharap dapat diundang untuk menghadiri WHA (World Health Assembly) yang diadakan pada bulan ini dan sepenuhnya diikutsertakan dalam mekanisme WHO yang terkait. (Hym/X-11)
 

 

 

BERITA TERKAIT