15 May 2020, 23:27 WIB

Penyandang Disabilitas Juga Dapat Bansos dari Pemprov DKI


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SELAIN menyalurkan bantuan sosial kepada warga terdampak Covid-19, Dinas Sosial Jakarta Pusat juga menyalurkan bantuan kepada warga penyandang disabilitas.

Menurut Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Perangin Angin, pemberian sembako itu dibagikan dalam kelompok atau organisasi khusus untuk mempermudah pendistribusian.

"Ada 70 orang dari Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia). Untuk keseluruhannya sekitar 200-an lah jumlah penyandang disabilitasnya. Tapi Sudin tidak menyiapkan (bansos). Kami hanya penyalurnya saja," terang Ngapuli saat dihubungi, Jakarta, Jumat (15/5).

Untuk Pertuni, Ngapuli menjelaskan mereka adalah orang-orang yang tergabung sebagai tukang pijat. Namun, karena ada pandemi Covid-19) tidak ada yang menggunakan jasa mereka.

Baca juga : Satpol PP : Bukan Mudik Lokal, Tapi Bisa Bepergian di Jabodetabek

"Jadi, mereka butuh perhatian juga. Itu sudah sesuai dengan amanat Gubernur, Kemensos, dan Kepala Dinas jadi semua kita perhatikan seperti itu. Kami menyalurkan saja, sumbernya tetap dari pemprov dan kemensos," terang Ngapuli.

Selain itu, Ngapuli juga mengatakan, saat ini ada 44 warga yang menginap sementara di GOR Tanah Abang. Menurutnya, jumlah tersebut kerap berubah lantaran PMKS yang terjaring selama PSBB tidak menentu tiap harinya. Mereka biasanya kerap terjaring lantaran masih berada di pinggir jalan atau berkerumun.

"Kebutuhan dasar seperti makan dan minum disiapkan, kebersihannya juga. Peralatan mandi kita siapkan untuk mereka. Kita upayakan bagaimana caranya mereka tetap terfasilitasi karena butuh perhatian," pungkas Ngapuli. (OL-7)

BERITA TERKAIT