15 May 2020, 22:19 WIB

Satgas Lawan Covid-19 DPR Manfaatkan Jaringan Hingga Kelurahan


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

SATUAN Tugas Lawan Covid-19 DPR RI terus bergerak menyalurkan bantuan pada berbagai pihak terdampak covid-19. Penyaluran dilakukan secara merata hingga tingkat kelurahan.

"Satgas covid-19 ini lintas partai sehingga semuanya punya jaringan sampai kelurahan," ujar Ketua Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, ketika berkunjung ke salah satu posko Satgas Lawan Covid-19 DPR di Jakarta Barat, Jumat, (15/5).

Dasco menjelaskan, hingga saat ini sudah ada 11 posko yang dibentuk. Posko tersebut bekerja sama dengan Satgas Lawan Covid-19 DKI Jakarta dan BUMN. Salah satu tugas posko-posko tersebut ialah membuat dan menyalurkan masakan bagi warga sekitar keluarahan.

"Ada 11 titik posko masak bekerja sama dengan satgas lawan covid-19 DKI," ujar Dasco.

Menurutnya, setiap posko akan memasak sebanyak 2 ribu paket makanan setiap harinya. Sejauh ini pembagian makanan sudah berjalan selama 11 hari.

Baca juga : Wapres Minta Tetap Produktif Bekerja di Tengah Pandemi Covid-19

"Setiap hari ada 2 ribu bungkus satu posko jadi 11 posko jadi ada 22 ribu bungkus di DKI," ujar Dasco.

Paket makanan tersebut kemudian dibagikan oleh petugas satgas dari kelurahan pada masyarakat yang membutuhkan. Sebelumnya, mereka telah mendata masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Selain paket makanan, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI juga membagikan berbagai bentuk bantuan lain. Mulai dari sembako, alat pelindung diri, hingga obat-obatan.

"Tugasnya dibagi-bagi, ada yang membagikan APD ke RS dan puskesmas. Ada juga yang memberikan sembako dan ini ada posko masak untuk memberikan makanan kepada yang membutuhkan," ujar Dasco.

Seperti diketahui, DPR membentuk Satgas Lawan Covid-19 untuk membantu mempercepat penanganan penyebaran wabah di daerah. Khususnya membantu RS dan puskesmas di daerah-daerah. Peluncuran Satgas Lawan Covid-19 dilakukan dengan dipimpin Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III DPR RI pada Kamis, 9 April 2020. (OL-7)

BERITA TERKAIT