15 May 2020, 20:07 WIB

Selain PMKS, GOR Tanah Abang juga ditempati korban PHK


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SEJUMLAH orang diketahui masih menempati tempat penamnpungan sementara GOR Tanah Abang, Jakarta Pusat selama pandemi covid-19. Selain penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), korban pemutusan hubungan kerja (PHK) juga ikut ditampung disana.

"Masih ada yang stay sejumlah 10 orang karena korban PHK, mereka tetap di sana," ujar Ngapuli Perangin Angin, Kepada Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat saat dihubungi, Jakarta, Jumat (15/5).

Akibat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), berimbas pada merosotnya perekonomian warga. Banyak dari mereka yang tidak memiliki penghasilan tetap. Sehingga, tidak mampu membayar uang sewa kontrakan atau indekos.

"Karena enggak mampu (bayar) kontrak rumah, ya kami tampung di situ (di GOR Tanah Abang). Mereka yang PHK itu datang sendiri dia," jelas Ngapuli.

Saat ini ada 44 warga yang menginap sementara di GOR Tanah Abang. Menurut Ngapuli, jumlah tersebut kerap beubah lantaran PMKS yang terjaring selama PSBB tidak menentu tiap harinya. Mereka biasanya kerap terjaring lantaran masih berada di pinggir jalan atau berkerumun.

Baca juga : Hari ini, Pasien Covid-19 Sembuh di Jakarta jadi 1.286 Orang

"Mereka yang kena PHK itu asalnya ada dari Tangerang, Grogol, Senen. Itu enggak semua dari Jakarta Pusat," kata Ngapuli.

"Mereka bukan hasil penjangkauan, mereka datang sendiri minta perlindungan karena enggak sanggup kontrak rumah, enggak sanggup beli makan," tambahnya.

PMKS yang dijaring, sebagian ada yang sudah dipulangkan dijemput keluarganya. Ngapuli juga mengatakan, fasilitas kebutuhan dasar seluruhnya disediakan oleh Sudinsos Jakpus.

GOR Tanah Abang miliki fasilitas seperti tempat tidur dan kamar mandi bersih. Selama di sana, PMKS juga diperiksa kesehatan oleh tenaga medis. ((OL-7)

BERITA TERKAIT