15 May 2020, 18:15 WIB

Pemerintah Izinkan Liga Primer Inggris Dilanjutkan Juni


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Liga Primer Inggris dijadwalkan akan kembali pada Juni. Hal itu tak lepas dari lampu hijau yang diberikan pemerintah.

Menteri Kebudayaan, Digital, Media, dan Olahraga Inggris Olivier Dowden telah meminta pemangku kepentingan sepak bola termasuk Liga Premier, EFL (operator tiga divisi di bawah Liga Premier), dan FA untuk melanjutkan rencana kembali bergulirnya kompetisi.

"Pemerintah membuka pintu agar kompetisi sepak bola bisa kembali bergulir secara aman mulai Juni. Itu juga meliputi langkah untuk memperluas akses bagi para penggemar bisa menikmati siaran langsung serta dukungan finansial kepada masyarakat pelaku sepak bola secara luas," kata Dowden.

Dowden juga mengatakan pemerintah dan jajaran ahli kesehatan akan memberi dukungan ketika kompetisi bergulir.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, RB Leipzig Susun Skema Selebrasi Gol

Klub Liga Primer Inggris telah bertemu pada Senin untuk membahas "Project Restart" dan berharap kompetisi dilanjutkan 12 Juni dengan digelar tanpa penonton.

Menanggapi hal itu, Deputi Kepala Petugas Kesehatan Jonatan Van-Tam mengatakan saat ini tidak bisa dipastikan kapan sepak bola akan kembali bergulir. Ia mengatakan perlu kajian dan pertimbangan yang hati-hati sebelum mengumumkan kembalinya aktivitas olahraga.

"Kita harus melakukan pendekatan yang detail dan cermat untuk semua olahraga elite, bukan hanya sepak bola. Kita harus terus memantau perkembangannya sebelum kembali melanjutkan kompetisi," ungkap Van-Tam. (bbc/OL-14)

BERITA TERKAIT