15 May 2020, 17:00 WIB

Bansos Jilid 2 DKI Hanya Sasar Jaktim dan Kepulauan Seribu


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos DKI Jakarta Ika Yuli Rahayu mengungkapkan penyaluran bantuan sosial (bansos) tahap kedua dibagi per regional wilayah di ibu kota.

Pemberian paket sembako kepada warga terdampak covid-19 bakal dibagi dua, yakni diberikan oleh pemerintah pusat atau melalui Kementerian Sosial dan diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Kita hanya sasar Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu," ungkap Ika saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (15/5).

Diketahui, pemberian paket sembako sudah dibagikan pada Kamis (14/5) kemarin di daerah Pasar Rebo dan Cipayung. Ika juga mengatakan ada penambahan isi paket sembako yang kedua.

"Nilai paket Rp275.000. Ongkos peralatan dan kardus. Delivery packaging Rp25.000. Total keseluruhan dengan biaya ongkir menjadi Rp300.000," jelas Ika.

Adapun isi paket bantuan tersebut berupa beras 10 kilogram (kg), sarden 4 kaleng, minyak goreng 2 liter, kecap manis, terigu 1 kg, bihun, sabun mandi, dan biskuit kaleng 1 buah.

Baca juga: Banyak Pengecualian PSBB, Ombudsman: Kepatuhan Warga Menurun

Data penerima bansos tahap kedua mencapai 2.153.196 Kepala Keluarga (KK). Dari jumlah tersebut, pemberian sembako bakal dibantu oleh pemerintah pusat atau Kementerian Sosial. Pemerintah pusat akan memberikan bantuan sebesar 1,3 juta KK paket (sembako). Sisanya, 853.196 KK melalui Pemprov DKI.

Terpisah, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Wibi Andrino meminta pemprov meminimalkan salah sasaran dalam penyaluran bansos tahap kedua. Pendataan penerima bantuan yang benar sangat diperlukan agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

"Harus tepat sasaran, data akurat dan distribusinya tetap mengedepankan protokol kesehatan," ungkap Wibi, hari ini. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT