15 May 2020, 16:15 WIB

Bansos dari Kemensos Datang Lebih Dulu Sebelum Jadwal


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Iman Satria membeberkan bahwa bantuan sosial (bansos) tahap kedua dari pemerintah pusat disalurkan lebih dulu dibandingkan dari pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Bantuan itu diberikan ke warga yang tinggal di Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat.

"Faktanya, di wilayah Jakarta Pusat sudah ada yang menerima bansos kedua dari Kemensos (Kementerian Sosial). Di kelurahan saya, di Cempaka Putih Barat RW 04. (Bansos) Sudah dibagikan empat hari lalu," jelas Iman.

Hal ini sontak membuat Iman bertanya-tanya. Mengapa penyaluran bansos kedua sudah dibagikan dulu oleh Kemensos, padahal jadwal penyaluran bansos dari Pemprov DKI baru diberikan ke warga pada Kamis (14/5) lalu.

Baca juga: Pemerintah Didesak Selidiki Penumpukan Penumpang di Bandara

"Nah, ini penyalurannya gimana? Ada koordinasi enggak? Jangan-jangan ini semaunya (pemerintah pusat) saja. Atau diberikan secara otodidak," kata Iman.

Selain itu, ia juga mengatakan ada pengurangan penerimaan data bansos dari Kemensos. Atas hal itu, para ketua RT-RW merasa kebingungan lantaran tidak bisa membagikan merata kepada warga yang membutuhkan.

"Misalnya yang tadinya ada 31 orang didata mendapat bansos dari pusat, sekarang jadi 9. Tapi dari DKI yang tadinya 40 orang menjadi 90 orang. Bansos pusat isinya beras 25 kg. Itu membuat RT RW pusing. Akhirnya, diambil kebijakan sama mereka, bansos tidak dikasih atas nama yang tertera. Namun, dibagi-bagi ke orang enggak mampu," jelas Iman.

Ia juga mengatakan, memang penyaluran bansos kedua ini dibagi per regional oleh pusat dan pemprov. Hal ini dimaksudkan agar terjadi pemrataan penerimaan sembako.

"Yang saya dengar langsung dari Kemensos, dia bilang hanya membagi regional. Misalnya, di Jakarta Pusat dibagikan dari pusat, maka DKI tidak bisa memberikan bantuan lagi," pungkas Iman. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT