15 May 2020, 13:35 WIB

Pulang ke Tanah Air, 1.003 ABK Negatif Covid-19


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Sejumlah awak anak buah kapal (ABK) Warga Negara Indonesia tengah dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet dan ada yang mengisolasi diri hotel-hotel Jakarta.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono menuturkan, para ABK itu berasal dari kapal berbendera asing yang pulang ke tanah air.

Hingga hari ini, tercatat ada 2.409 orang yang terdiri dari ABK, lalu kelompok jemaah tabligh akbar dan lainnya yang tengah dirawat.

"1.003 ABK sudah dipulangkan ke asalnya dan dinyatakan negatif covid-19 dan 1.234 orang menunggu hasil swab test," kata Yudo dalam laporannya, Jakarta, Jumat (15/5)

Baca juga: Resor di Kepulauan Seribu Dibuka Kembali

Sisanya, ada 172 orang dirawat di RSD Wisma Atlet. Pada data (14/5), mereka yang dirawat di Wisma Atlet ialah 15 ABK Kapal MV. Arthania. Dari sebelumnya ada 58 orang yang dirawat, ada 43 orang yang diperbolehkan pulang.

Lalu, 156 ABK Kapal MV. Freedom + Carnival Valor. Dari 211 orang yang dirawat, 55 orang pulang karena sembuh dari covid-19. Lalu ada 1 ABK dari Kapal MV. Poluma Portugal, yang dinyatakan positif covid-19. Sisanya 177 ABK dari Kapal MV. Amsterdam sudah dipulangkan.

Sementara itu, 42 ABK dari Kapal MV. Viking Orion juga tengah mengisolasi diri di Hotel Pullman, Jakarta Pusat. Mereka sedang menunggu hasil swab test.

Yudo menyebut untuk ada 93 ABK dari Kapal MV. Quantum of The See yang mengisolasi diri di Hotel Grand Mercure Jakarta, Jakarta Pusat.

Lalu, 11 ABK dari Kapal MV. Costa Cruise berada di Swiss Belhotel Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka dinyatakan negatif covid-19 dan bakal dipulangkan ke daerah masing-masing.

Kemudian, sebanyak 30 ABK dari Kapal MV. Win Spirite berada di Ambhara Hotel, Jakarta Selatan. Mereka sedang menunggu hasil swab test.

Selain itu, ada 14 ABK MV. Long Xin yang sedang menunggu hasil swab test di Panti Sosial Bambu Apus, Jakarta Timur. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT