15 May 2020, 12:35 WIB

Kafe dan Bar di Beberapa Bagian Australia Dibuka Kembali


Nur Aivanni | Internasional

Restoran, kafe, dan bar di negara bagian terpadat di Australia dibuka kembali pada Jumat (15/5) setelah penutupan dua bulan akibat lockdown karena covid-19.

Pelonggaran langkah-langkah karantina di negara bagian New South Wales (NSW) itu datang hanya sehari setelah kantor statistik nasional melaporkan angka kehilangan pekerjaan yang tinggi dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison memperingatkan bahwa masih akan ada sesuatu yang lebih buruk.

Perdana Menteri negara bagian NSW Gladys Berejiklian memperingatkan warga untuk tetap waspada dan menjaga jarak sosial ketika restoran, kolam renang umum, dan bisnis lainnya dibuka kembali. Ketentuan yang ditetapkan membatasi pelanggan hingga 10 orang pada satu waktu.

Baca juga: Personel Militer Positif Covid-19 di Kapal Induk Masih Bertambah

"Pelonggaran pembatasan telah gagal di banyak tempat di seluruh dunia dan saya tidak ingin hal itu terjadi di NSW, saya ingin orang-orang memiliki tanggung jawab pribadi atas cara kita merespons," kata Berejiklian kepada wartawan di Sydney, Jumat.

Pejabat NSW melaporkan delapan kasus baru covid-19 pada Jumat, penghitungan harian tertinggi hanya dalam seminggu. Adapun peningkatan harian nasional telah melambat ke rata-rata kurang dari 20 sehari.

Australia telah mencatat sekitar 7.000 kasus covid-19, termasuk 98 kematian. Ini jauh di bawah tingkat yang dilaporkan di Amerika Utara dan Eropa. (CNA/OL-14)

BERITA TERKAIT