15 May 2020, 12:25 WIB

Masih Ada Zona Hijau Covid-19, DKI Tak Izinkan Mudik Lokal


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tegaskan tak mengizinkan mudik lokal atau mudik ke daerah di Jabodetabek saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut masyarakat harus tetap mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan berdiam diri di rumah dan tidak berpergian jika tidak untuk urusan yang vital.

"Kami imbau kepada masyarakat, mari kita taati pelaksanaan PSBB. Jadi, selama kawasan Jabodetabek melaksanakan PSBB, maka perjalanan yang diperbolehkan hanya perjalanan yang untuk kegiatan yang dikecualikan. Artinya, kalau mudik otomatis tidak diperbolehkan. Mari sayangi keluarga kita," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Jumat (15/5).

Ia mencontohkan di kawasan yang masih belum memiliki kasus covid-19 seperti beberapa kelurahan di Kepulauan Seribu. Tidak menutup kemungkinan juga masih banyak kawasan zona hijau di luar Jabodetabek.

Baca juga: Resor di Kepulauan Seribu Dibuka Kembali

Ia khawatir jika terjadi mudik lokal, justru warga akan menjadi pembawa atau 'carrier' virus bagi keluarganya atau orang tua yang berisiko tinggi terhadap virus covid-19.

"Bisa jadi ada saudara kita yang ada di pulau. Demikian halnya untuk beberapa kawasan di Jabodetabek (yang bebas dari covid-19)," tukasnya.

Mari, lanjut Syafrin, sama-sama kita jaga saudara kita agar tidak terpapar covid-19.

"Ini yang kami hindari. Jadi, kita minta itu untuk tidak melakukan perjalanan kecuali untuk hal yang penting. Kita harapkan PSBB tidak diperpanjang dan situasinya tetap normal," pungkasnya.(OL-14)

BERITA TERKAIT