15 May 2020, 11:35 WIB

Masuk ke Pasar Harus Ikuti Protokol Kesehatan


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

KETUA DPRD DIY, Nuryadi meminta, Pemda DIY lebih memperketat protokol kesehatan di pusat perbelanjaan modern dan pasar tradisional. Hal tersebut menjadi perhatian DPRD DIY setelah munculnya klaster covid-19  di Indogrosir Mlati beberapa hari yang lalu.

"Pemda DIY seyogyanya menginstruksikan kepada seluruh pusat perbelanjaan dan pasar tradisional di DIY agar menerapkan prosedur tetap kesehatan pencegahan penyebaran covid-19," kata Nuryadi, Jumat (15/5).

Ia mencontohkan pengunjung yang masuk pusat perbelanjaan harus memakai masker, mencuci tangan pada saat masuk dan keluar gedung, mengukur suhu tubuhnya ketika akan masuk, dan menjaga jarak selama berada di dalam pusat perbelanjaan. Seluruh petugas keamanan di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional diinstruksikan untuk tegas menerapkan prosedur kesehatan tersebut.

Nuryadi mengatakan, aturan tersebut sangat penting dilakukan karena di DIY sudah terjadi transmisi lokal. Baik pusat perbelanjaan modern maupun pasar tradisional sangat berpotensi menjadi tempat penyebaran Covid-19.

"Masyarakat harus mendisiplinkan diri untuk selalu mengenakan masker didalam maupun di luar rumah," kata dia.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto menambahkan, percepatan penanganan dampak covid-19 di DIY bisa benar-benar efektif jika ada sikap tegas dari Pemda DIY dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Kejadian di Indogrosir terjadi juga akibat lemahnya pengawasan pemda pada pelaksanaan protokol pencegahan Covid19 di pusat keramaian khususnya mal,  pasar tradisional, dan supermarket.

baca juga: Bakrie Group Sumbang APD Untuk Nakes RSUD Sidoarjo

"Dari 15 Maret ke 14 Mei 2020 ada kenaikan 185 kasus positif. Ini butuh perhatian kita semua, harus bersama-sama memutus mata rantai penyebaran agar penanganan bisa optimal dan tuntas," pungkas Eko Suwanto. (OL-3)

BERITA TERKAIT