15 May 2020, 11:05 WIB

Selandia Baru Konfirmasi 1 Kasus Baru Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

Selandia Baru melaporkan satu kasus baru covid-19, Jumat (15/5), setelah tiga hari berturut-turut mencatat nol kasus, kata pernyataan Kementerian Kesehatan.

Tambahan itu berarti total gabungan antara yang dikonfirmasi dan yang diduga berjumlah 1.498. Dari jumlah itu sebanyak 1.148 yang dikonfirmasi, kata Kementerian Kesehatan.

Kasus baru dikaitkan dengan klaster Marist di Auckland dan diidentifikasi melalui pengujian lanjutan baru-baru ini pada komunitas sekolah.

Menurut Kementerian, orang tersebut pertama kali mengalami gejala hampir dua bulan lalu dan menjalani tes dengan hasil negatif. Namun, hasilnya dianggap ‘positif lemah’. Orang tersebut telah diisolasi selama periode lockdown, tapi tidak dianggap menular saat ini.

"Kami sebelumnya telah mengidentifikasi contoh kasus 'positif lemah', yang dapat terjadi beberapa saat setelah seseorang sakit," kata pernyataan itu.

Baca juga: Malaysia Izinkan Salat Jumat di Beberapa Negara Bagian

Selandia Baru saat ini memiliki 1.421 orang yang dilaporkan telah pulih dari covid-19, meningkat 10 orang pada Kamis.

Itu mencakup 95% dari semua kasus yang dikonfirmasi dan yang kemungkinan. Sekarang ada 56 kasus ‘aktif’ di seluruh negeri.

Disebutkan ada dua orang yang menerima perawatan covid-19 di rumah sakit dan tidak satu pun di ICU. Korban meninggal tetap di angka 21.

Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield mengatakan kasus yang dikonfirmasi hari Jumat menunjukkan negara tetap harus waspada.

"Meskipun kami tidak menganggap kasus ini menular, tapi itu menunjukkan sekali lagi kita harus tetap waspada. Covid-19 akan terus berkepanjangan. Jadi, kami harus terus konsisten melakukan hal-hal yang akan membantu menjaga semua warga Selandia Baru tetap aman dan memungkinkan kami untuk terus melonggarkan pembatasan," kata Bloomfield. (Xinhua/OL-14)

BERITA TERKAIT