15 May 2020, 09:20 WIB

Prambanan Borobudur Siap Dibuka Dengan Protokol Baru


Agus Utantoro | Nusantara

PT TAMAN Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) memperpanjang masa penuntupan Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko untuk kunjungan wisata. Selama masa penutupan ini, PT TWC sedang mempersiapkan perubahan standar dan protokol baru menuju The New Normal Tourism di dalam kawasan Taman Wisata Candi.

"Salah satunya, dengan mengutamakan kebersihan dan kesehatan lingkungan yang bebas dan aman dari covid-19, sehingga dapat memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang berkunjung di Taman Wisata Candi ketika dibuka kembali," kata Sekretaris Perusahaan PT TWC, Emili Eny Utari dalam keterangan tertulis, Jumat (15/5).

Saat ini di lingkungan tiga candi, sedang dibuat marka-marka yang akan menunjukkan kepada pengunjung, kapan wisatawan berdiri, berhenti, dan tetap memperhatikan jaga jarak fisik.

"Pengunjung nantinya masuk gerbang harus melewati ruang disinfektan dan juga diwajibkan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Kami sediakan dalam jumlah yang sangat cukup," katanya.

Para petugas di komplek candi akan melakukan pengecekan suhu tubuh. Jika suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius diberi label hijau. Sedangkan suhu menunjukkan 37,5 -37,8 derajat Celsius ditempel label warna kuning. Jika suhu tubuh di atas hijau dan kuning akan diberi label merah.

baca juga: Laporan Kinerja Pengelolaan APBD Kabupaten Sorong Berpredikat BB

Mereka yang berlabel hijau boleh melakukan kunjungan bersama rombongannya, dengan menjaga jarak fisik. Sedangkan yang berlabel kuning boleh melakukan kunjungan namun tidak boleh bersama rombongannya atau harus sendiri.  Sedangkan yang berlabel merak akan dibawa di pos kesehatan.Ia menambahkan berbeda dengan waktu sebelumnya, untuk pembukaan mendatang, pengunjung tidak boleh membawa manakan atau minuman. Rencananya Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko akan dibuka kembali pada awal Juni dengan menerapkan era new normal. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT