15 May 2020, 09:04 WIB

Kemenkop RI dan BRI Beri Kelas Online Bagi Pelaku Usaha


mediaindonesia.com | Ekonomi

KEMENTERIAN Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) dan Bank BRI kembali memberikan pendampingan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus bertahan di tengah pandemi Covid-19. Sekali lagi, BRI menunjukkan komitmennya untuk selalu berupaya melakukan pengembangan UMKM di seluruh wilayah Indonesia.

Pendampingan ini merupakan hasil kerja sama RKB BRI dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM RI, yang bertujuan untuk memberikan pelatihan secara live streaming dalam mendukung imbauan physical distancing dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk mengikuti gelaran tersebut, peserta atau pelaku usaha dapat mendaftarkan diri melalui apikasi UMKM Smart yang dapat diunduh melalui playstore dan Appstore.

“Karena tingginya antusias pelatihan online dari pelaku usaha, maka BRI menggandeng lebih dari 300 mitra PLUT KUMKM untuk mengikuti acara ini.  Saat ini, BRI sendiri memiliki RKB binaan sebanyak 55 unit yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap Amam Sukriyanto, Sekretaris Perusahaan Bank BRI.

Dalam pelaksanaannya, peserta kelas online diberikan pembekalan materi seperti membangun “Sense of Crisis”, tata cara beraktivitas, perubahan costumer behaviour & potensi market, reset produk & market serta metode & strategi penjualan terbaik untuk mendorong keberlangsungan usaha di tengah pandemi.

Selain itu, peserta juga akan mendapatkan kelas motivasi bisnis, dimana pemilik usaha akan diberikan pembekalan bagaimana mengelola produktivitas dan kelangsungan usaha kedepannya.

“Saat ini, metode penjualan secara online merupakan salah satu cara pemasaran produk yang sangat efektif. Di tengah kondisi seperti ini, pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif dan mengubah strategi pemasarannya,” tutup Amam. (OL-09)

 

BERITA TERKAIT