15 May 2020, 06:50 WIB

Kampung Sayur Tetap Produktif di Tengah Pandemi


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

WAKIL Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meminta kampung sayur dan lorong  sayur tetap produktif. Keberadaan mereka penting untuk memenuhi kebutuhan warga di sekitar mereka.

"Harapannya semua bisa tetap menanam dan panen di tengah pandemi ini," kata Heroe dia saat pemberian benih sayur kepada kelompok tani di Karangwaru, Kamis  (14/5) sore. 

Dia pun meminta warga dapat lebih berinovasi agar kampung sayur dan lorong sayur tetap produktif. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto  menambahkan, pihaknya memberikan bibit kepada 19 kelompok tani yang tersebar di 14 kecamatan di Kota Yogyakarta. Masing-masing kelompok tani mendapat 1 krat bibit cabe dan terong yang berisi sekitar 400 bibit, benih sayuran gambas dan labu, serta media tanam. Sugeng menyampaikan bantuan tersebut sebagai stimulan. 

"Harapannya dengan ini kampung sayur dan lorong sayur (di Kota Yogyakarta) bisa lebih produktif," jelas dia.

Menurut Heroe, bantuan bibit dan media tanam tersebut bisa menjadi langkah  recovery terhadap kampung sayur maupun lorong sayur pada masa pandemi covid-19. Kampung sayur dan kelompok sayur yang ada di Kota Yogyakarta diharapkan tetap bisa produktif di tengah pandemi.

Pada awal masa tanggap darurat Covid-19 di Kota Yogyakarta ini, produktivtas kampung sayur memang mengalami penurunan. Pasalnya, para petani kampung sayur yang takut beraktivitas di luar rumah sehingga banyak tanaman yang kering dan tidak terawat. Bahkan, banyak tanaman yang mati.

baca juga: 54 Mobil Pelanggar Perjalanan Disita

Setelah diperbolehkannya melakuakn aktivitas diluar rumah dengan syarat-sayarat tertentu, warga kembali bisa merawat tamaman sayur mereka. Permintaan bibit dan tanaman di toko tani dan pertanian pun meningkat bisa membeli sayur tanpa harus ke pasar. 

Kelompok taninya bisa panen sayur sekali seminggu atau empat hari sekali. Beberapa jenis tanaman yang ditanam di kampung sayur, antara lain kangkung, sawi, selada, tomat, cabai, hingga terong. (OL-3)

BERITA TERKAIT