15 May 2020, 07:05 WIB

Sainz Jr Pergi, Ricciardo Jadi Pengganti


Widhoroso | Olahraga

KEPINDAHAN pembalap Formula 1 asal Spanyol, Carlos Sainz Jr dari McLaren ke Ferarri tahun depan, memunculkan efek domino. Untuk mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Sainz Jr, McLaren telah memilih Daniel Ricciardo.

Pembalap Australia tersebut akan membela McLaren setelah tidak memperpanjang kontraknya dengan Renault yang akan habis tahun ini. Di McLaren, Ricciardo akan berdua dengan pembalap berusia 20 tahun asal Inggris, Lando Norris.

"Daniel telah membuktikan dirinya merupakan seorang pemenang. Dengan pengalaman, komitmen, serta energi yang dimilikinya akan menjadi nilai tambah bagi McLaren dan misi kami untuk kembali berada di depan," ungkap petinggi McLaren, Andreas Seidl, Kamis (14/5).

"Dengan Daniel dan Lando sebagai rekan satu tim, saya yakin kami memiliki dua pembalap yang akan memuaskan para pendukung kami dan membantu tim untuk lebih berkembang," imbuhnya.

Ricciardo, yang sepanjang karier di Formula 1 telah memenangni tujuh balapan dan 29 kali naik podium, mulai berkiprah di F1 sejak 2011 bersama tim HRT. Setelah itu pembalap berusia 30 tersebut memperkuat beberapa tim seperti Torro Rosso, Red Bull, serta Renault.

Keluarnya Ricciardo dari Renault membuka pintu bagi Fernando Alonso untuk kembali ke Renault. Alonso, pembalap asal Spanyol, pernah meraih kejayaan bersama Renault saat merebut gelar juara dunia Formula 1 pada 2005 dan 2006. Alonso, 38, pensiun dari Formula 1 pada 2018 namun menyatakan tidak tertutup kemungkinan untuk kembali ke ajang balapan jet darat ini.

BERITA TERKAIT