15 May 2020, 05:42 WIB

Pembukaan SMA/SMK di Tahun Ajaran Baru masih Diragukan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMPROV DKI Jakarta berencana kembali membuka sekolah pada tahun ajaran baru tahun ini. Rencananya tahun ajaran baru akan dimulai pada 13 Juli mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebagaimana yang diunggah melalui akun YouTube resmi Pemprov DKI Jakarta pada Kamis (14/5) meminta agar Dinas Pendidikan mempertimbangkan kembali dengan matang untuk membuka sekolah selevel SMA dan SMK.

Sebabnya, tingkat penularan di anak-anak usia SMA dan SMK cukup tinggi. Berdasarkan data pasien covid-19, jumlah pasien yang terpapar di usia remaja cukup tinggi. Hingga saat ini dipantau dari situs corona.jakarta.go.id kasus positif covid-19 pada rentang usia 6-19 tahun mencapai 259 kasus dari total 5.617 kasus.

"Karena mereka ini punya pergaulan yang luas sehingga mereka rentan terpapar. Sudah gitu mereka tanpa gejala, sehat-sehat saja. Itu masalah besarnya. Kalau bergejala, sakit bisa dirawat di RS. Tapi tanpa gejala itu yang sulit," ungkapnya

Sementara itu, untuk level SD, ia menyetujui ada pembukaan kembali sekolah. Namun, hal tersebut harus mempertimbangkan adanya zona-zona covid-19 yakni zona merah untuk yang sudah memiliki kasus penyebaran covid serta zona hijau yang masih bebas dari covid.

baca juga: Inilah Tiga Skema Tahun Ajaran Baru di DKI Jakarta

"Terutama untuk SD, di Jakarta ini ada zona merah dan zona hijau Karena skema ini tidak bisa diterapkan ke semua sekolah. Ada daerah seperti Rorotan yang masih bersih. Tidak ada masalah di situ. Kita harus melihat oeta sebaran covid. Sehingga bisa melihat seberapa tinggi risiko di wilayahnya. Ada zona merah seperti Tanah Abang, Petamburan yang cukup tinggi risikonya sehingga perlu dipikirkan ulang," kata Anies.

Sebelum sekolah kembali dibuka, ia juga mengingatkan agar Disdik mempersiapkan berbagai infrastruktur untuk protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 seperti memperbanyak tempat cuci tangan serta menerapkan physical distancing. (OL-3)

BERITA TERKAIT