15 May 2020, 04:05 WIB

Lamongan Gencarkan Rapid Test di Fasilitas Umum


M Yakub | Nusantara

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menggencarkan rapid test secara massal untuk memutus rantai penularan. Sampai saat ini GTPPC Lamongan sudah melaksanakan hingga 5.229 rapid test dari target 10 ribu orang pada akhir Mei mendatang.

Rapid test massal dilakukan untuk bisa segera menemukan yang positif, untuk kemudian diisolasi agar tidak menularkan dan ditangani secara medis agar tidak terlambat. Beberapa tempat keramaian sudah disasar untuk dilakukan tes rapid massal seperti pasar, tempat pelelangan ikan, dan perusahaan padat karya.

Ketua GGTPPC Lamongan Fadeli mengungkapkan kesadaran masyarakat Lamongan untuk memakai masker ketika diluar rumah cukup tinggi. Kamis (14/5), Fadeli bersama Kapolres Lamongan AKB Harun dan Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, memantau tes rapid massal di Pasar Sidoharjo, Kecamatan Lamongan.

"Saya lihat kesadaran masyarakat Lamongan untuk memakai masker cukup tinggi. Tadi saya lihat (di pasar) hanya satu dua yang tidak memakai masker," ujarnya.

Di Pasar Sidoharjo, Fedeli menilai kesadaran penjual dan pembeli untuk menaatti protokol kesehatan cukup tinggi. Para penjual dan pembeli mematuhi aturana jarak dan tidaj berkerumun. (R-1)

 

BERITA TERKAIT