15 May 2020, 05:30 WIB

Transmisi Lokal Covid-19 Klaster Gowa di Brebes Bertambah


Supardji Rasban | Nusantara

TIM Gugus Tugas penanggulangan percepatan covid-19 tingkat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mencatat ada tambahan tujuh warga Brebes positif Covid-19. Mayoritas mereka merupakan transmisi lokal sedangkan seorang pasien positif dari seorang pemudik yang menjalani perawatan di RSUD Bumiayu, dinyatakan sembuh.
     
"Enam positif diantaranya dari transmisi lokal dimana mereka keluarga dari pasien positif sebelumnya, baik dari kalangan alumni Gowa maupun dari keluarga pemudik yang terpapar," ujar Juru bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan Percepatan Covid-19 Brebes, Imam Budi SantosoImam, Kamis (14/5).
     
Imam menyebut satu postif lainnya seorang pelajar yang selama ini menjadi santri di sebuah pondok pesantren  di Desa Tambak Serang, Kecamatan Bantarkawung Brebes. "Pasien positif tersebut kini menjalani perawatan di rumah sakit Siaga Medika Banyumas," ucap Imam.
     
Lebih jauh, Imam menambahkan enam transmisi lokal positif yang penularannya melalui keluarganya dari klaster Gowa maupun pemudik, akan di karantina. "Karantinanya nanti ada yang gedung sekolah atau RSUD Bumiayu," terangnya.
     
Imam menambahkan seorang pasien positif dari kalangan pemudik diperbolehkan pulang dan menjalani isolasi mandiri dirumahnya. "Setelah hasil swab yang ketiga negatif, hingga Kamis siang jumlah pasien positif di kabupaten Brebes mencapai 23 orang," pungkasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT